Penggunaan Anchor Besi Pada Pemasangan Refractory

Anchor besi pada pemasangan refractory

Secara letterleg anchor diterjemahkan sebagai jangkar. Jangkar berfungsi sebagai pengikat atau penahan agar benda yang terhubung dengan jangkar tidak bergerak.  Demikian juga dengan anchor besi pada teknik pemasangan refractory yaitu agar material tidak jatuh pada saat operasional.

Karena biasanya dinding luar daripada suatu ruang bakar terbuat dari plat besi atau baja yang tentu saja material refractory tidak dapat sekedar dilekatkan begitu saja.  Diperlukan anchor untuk menahannya apalagi jika dibelakang material refractory terdapat pula material insulation.

Jika dalam teknik sipil diterapkan struktur besi bertulang, maka dalam instalasi refractory sangat tidak dianjurkan.  Akibatnya akan seperti dibawah ini:

Struktur besi bertulang

Apalagi jika material yang digunakan carbon steel biasa, dapat diperkirakan dalam jangka waktu 1-2 bulan refractory akan runtuh. Jika yang digunakan material stainless steel kira-kira 3-5 bulan mengalami kerusakan.

Oleh karena besi bertulang mempunyai ujung yang banyak maka ketika terjadi pemuaian tidak ada lagi ruang yang memadai sehingga besi akan melengkung dan akan mengangkat refractory lepas dari kedudukannya.

Bentuk anchor yang sering digunakan pada saat menginstall refractory adalah:

  1. Anchor V Shape

    V shape anchor
    Anchor V
  2. Anchor Y Shape
    Y Shape anchor
  3. Anchor V/Y Spiral
    Anchor steel
  4. Anchor/Hanger Brick
    Roof hanger brick

 

Cara pemasangan

Yang perlu diperhatikan pertama-tama adalah jarak antar anchor besi.  Idealnya berjarak 10-15 cm.  Penyusunan anchor harus bersilang.

Agar anchor mempunyai ruang ketika terjadi pemuaian, setiap ujung anchor diberi kertas atau isolasi sedemikian rupa.

Isolasi pada anchor

Sehingga dalam skala besar akan nampak seperti ini

anchor untuk refractory

Dalam banyak kasus yang sering ditemui penyebab kerusakan pada refractory terletak pada masalah anchor ini.  Bentuk, ukuran dan jenis besi sangat mempengaruhi kepada kekuatan refractory.
Adapun tinggi anchor disarankan ¾ dari ketebalan castable.

Mengingat pemasangan refractory berkaitan erat dengan panas tinggi, maka menggunakan anchor dari bahan stainless steel sangat dianjurkan yaitu minimal SUS 304.

Link terkait:

  1. Prosedur pemasangan castable
  2. Prosedur pemasangan castable gunning dan trowel
  3. Jenis-jenis castable refractory

 

Save

Open chat
Powered by